Sembuh, Dua Pasien Positif Jepara Dipulangkan

JEPARA – Kabar baik kembali datang dari pasien positif virus korona dari Kabupaten Jepara. Setelah sebelumnya Pasien-02 asal Kecamatan Tahunan, kini dua pasien yang dirawat di RSUP dr. Rehatta Kelet, Jepara diperbolehkan pulang pada Senin, (11/5/2020) pagi.

Pasien-03 atas nama Retnowati dan Pasien-04 Arisma Ristiana, dinyatakan sembuh menyusul hasil uji kerik (swab test) lanjutan mereka menunjukkan negatif Covid-19. Kedua pasien sembuh itu merupakan perempuan asal Kecamatan Nalumsari dan Kecamatan Mayong.

Hasil tersebut lantas membuat perasaan mereka bercampur-aduk antara haru dan gembira. Selain telah sembuh juga diperbolehkan pulang ke rumah. Baik Pasien-03 maupun 04 memberikan apresiasi terhadap petugas medis yang sabar dan telaten merawatnya. “Alhamdulillah selama diisolasi sendiri, para perawat bertindak layaknya teman, meski belum saling kenal sebelumnya,” tutur Retnowati.

Senada dengan Retno, Arisma juga mengajak masyarakat terus mematuhi protokol Covid-19. Sehingga dapat mengakhiri pandemi virus korona. “Keyakinan untuk sembuh, berdoa, dan mengikuti saran-petunjuk dokter kuncinya sembuh,” imbuh Arisma.

Takhanya tepat waktu memberikan obat, perawat juga memperhatikan pasien hingga hal terkecil. Seperti memenuhi permintaan menu makanan kesukaan. Kebaikan tenaga medis ini diyakini mendatangkan energi tambahan untuk kesembuhan pasien.

Kendati telah dinyatakan sembuh, dr. Widyo Kunto Dirut RSUP dr. Rehatta menuturkan, keduanya tetap wajib melakukan pembatasan fisik. Momentum kesembuhan ini dinilai dapat bersama-sama membantu dan saling dukung. “Phsycal distancing bukan cuman mereka tapi seluruh masyarakat karena protokol di tengah pandemi saat ini,” ujar dr. Widyo.

Dua pasien sembuh ini juga mendapatkan bantuan tali asih dari rumah sakit, dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Jepara.

Ketua GTPP Covid-19 Jepara Dian Kristiandi mengatakan, sepuluh hari kedepan kedua pasien sembuh ini akan kembali diuji kerik terakhir. Kedisiplinan setiap warga jadi kunci memutus mata rantai pandemi korona. “Terima kasih kinerja dan koordinasi yang terjalin dari RS dr. Rehatta,” ujar Andi.

Ia menuturkan bahwa Pasien-03 sebelumnya menjalani perawatan tim medis selama 36 hari. Sedangkan Pasien-04 18 hari. Dua pasien tersebut menambah daftar pasien Covid-19 Jepara yang sembuh jadi tiga orang.

Dari hasil ini, pasien positif Covid-19 di Kabupaten Jepara tinggal menyisakan Pasien-05. Pasien asal Kecamatan Bangsri itu, kini masih menjalani isolasi di RSS Graha Husada, Jepara.

Sedangkan Pasien-01 asal Kecamatan Keling, telah terlebih dulu “beristirahat dengan tenang”, setelah berjuang sembuh di RSS Columbia Asia, Semarang. (DiskominfoJepara/AP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *