Tambahan 5 Kasus Baru Diharapkan Tingkatkan Kepedulian Masyarakat

JEPARA – Dalam dua hari, terjadi penambahan lima kasus postif Corona Virus Disease (Covid-19) di Kabupaten Jepara. Tambahan signifikan ini diharapkan disikapi secara benar oleh masyarakat.

Harapan ini disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Jepara dr. M. Fakhrudin, saat menggelar jumpa pers di Diskominfo Kabupaten Jepara, Rabu siang (27/5/2020). “Ini pasti membuat masyarakat terkejut. Keterkejutan ini akan berdampak positif, kalau kemudian merubah paradigma dan pola hidup masyarakat. Tapi kalau terkejutnya hanya sekejap, lalu setelah itu balik lagi menjadi tidak peduli, ya, sama saja,” kata Fakhrudin.

Dia berharap, kejadian ini disikapi masyarakat dengan baik. Bentuknya, warga semakin peduli untuk bersama-sama berupaya memutus mata rantai penularan virus korona, melalui penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Tambahan lima kasus baru ini berada di tiga kecamatan berbeda. Masing-masing, tiga di Welahan, satu di Nalumsari, dan seorang lagi di Kedung.

Kasus 06 dan kasus 07 Jepara, adalah pasien suami istri, K dan Ny. S, warga Welahan yang selama ini dirawat di RSUD RA Kartini dengan status PDP.

Pada Selasa (26/5/2020), GTPP Jepara mendapat konfirmasi positif Covid-19 atas kedua pasien ini dari hasil pemeriksaan uji swab Polymerase Chain Reaction (PCR). Pengujian dilakukan di sebuah rumah sakit di Semarang.

Pada hari yang sama, GTPP Kabupaten Jepara juga konfirmasi positif kasus 08 yang dialami seorang laki-laki warga Kecamatan Welahan.

“Pasien 08 dirawat di sebuah rumah sakit di Kudus. Usianya masih 46 tahun dan tanpa riwayat penyakit penyerta. Namun ada riwayat perjalanan dari Surabaya,” kata Fakhrudin.

Berselang sehari, pada Rabu pagi (27/5/2020), tambahan kasus positif yang kemudian menjadi kasus 09 Jepara berasal dari kluster Pasar Kobong, Semarang. Kasus ini dialami seorang laki-laki warga Kecamatan Nalumsari.
“Yang bersangkutan menjalani isolasi mandiri di rumah dengan pengawasan Satgas kecamatan dan desa,” kata Fakhrudin.

Pada hari yang sama menjelang sore, kasus positif 10 diterima atas pasien laki-laki RSUD RA. Kartini, warga Kecamatan Kedung.

Sementara itu, tambahan lima kasus baru ini, selain menjadikan total kasus positif Covid-19 di Jepara menjadi 10, juga menempatkan lima kasus positif yang statusnya aktif. Hal ini karena lima kasus terdahulu telah selesai dengan kondisi satu meninggal dunia dan empat lainnya sembuh. (DiskominfoJepara/Sulismanto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *